Sakit Mata

sakit mata
Sakit mata secara umum diartikan ketidak sempurnanya retina mata mendapatkan gambar yang dilihat oleh mata. Ada beberapa macam sakit mata yang seringkali mengganggu penglihatan masyarakat di Indonesia, salah satu yang sering kali dijumpai adalah penyakit mata minus atau plus. 

Penyebab sakit mata

Sakit mata sendiri kebanyakan diakibatkan oleh kelalaian Anda sebagai seorang yang punya mata, karena keasyikan menonton televisi, memainkan game hingga membaca dilakukan dengan cara yang salah sehingga menjadikan aktivitas tersebut berbalik menyerang fungsi mata Anda. 
Sakit mata seperti rabun jauh (mata minus) kemudian rabun dekat (mata plus) saat ini tidak hanya menyerang orang dewasa bahkan anak – anak berumur antara 6 sampai dengan 12 tahun juga sudah ada yang terjangkit salah satu dari kedua sakit mata tersebut. 

Mencegah sakit mata

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya ketidak sempurnaan dalam melihat yaitu menjaga agar mata tidak bekerja secara terus menerus serta mempunyai waktu istirahat yang cukup, jika mempunyai hobby membaca usahakan tidak dengan tidur dan berikan jarak pandang yang cukup saat memandang layar monitor baik itu televisi, laptop maupun gadget lainnya minimal 30 cm. Pengobatan sakit mata seperti miopi atau rabun jauh adalah dengan menggunakan kacamata berlensa cekung agar bayangan benda yang jatuh didepan retina mampu diposisikan kembali dengan bantuan kacamata lensa cekung, sedangkan hipermetropi atau rabun jauh dapat menggunakan kacamata berlensa cembung, ini ditujukan untuk memposisikan bayangan benda yang jatuh dibelakang retina agar dapat melihat benda dengan cara yang dekat.

Dengan cara seperti itu Anda dapat menghubungi optik terdekat atau dokter mata yang ada didaerah tempat tinggal Anda untuk mengetahui sakit mata seperti apa yang menyerang mata. Proses pengecekan biasanya menggunakan alat yang disebut Autorefraktometer/Keratometer, alat ini biasanya disebut dengan pengecakan mata menggunakan komputer. Untuk keakuratannya alat ini sudah lebih dari cukup untuk menentukan lensa apa yang akan digunakan pada kacamata Anda.

Pemeriksaan yang tidak memakan waktu lama serta tidak menimbulkan rasa sakit sedikitpun menjadi kelebihan menggunakan alat ini ketika memeriksa sakit mata, selain itu hasil dari pengetesan menjadi resep untuk membuat kacamata di optik.

Semoga artikel tentang sakit mata ini bisa bermanfaat.
thumbnail
Judul: Sakit Mata
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan , sakit mata :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. - Hubungi Saya | Tentang Saya
Template Seo Elite oleh Bamz